Buah dan Sayur Bagi Kesehatan

buah-dan-sayur-bagi-kesehatan
buah-dan-sayur-bagi-kesehatan

Selain rasanya enak buah dan sayur memiliki berbagai macam nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh. Maka dari itu mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan. Buah dan sayur juga memiliki beragam warna. Warna – warna tersebut juga menandakan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Warna Pada Buah dan Sayur

Hijau

Warna hijau pada buah dan sayur itu karena adanya klorofil. Sayuran dan buah hijau mengandung vit C, B kompleks, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan lainnya. Contohnya yaitu alpukat, melon, bayam, daun singkong, sawi hijau, dan masih banyak lagi.

Putih

Anthoxanthins menyebabkan buah dan sayur berwarna putih. Anthoxanthins dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker. Contoh : Bawang putih, mengandung allicin yang dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi, kolestrol, jantung, dan kanker. Bawang putih juga mengandung potasium, vit C, folat, riboflavin, dan niacin.

Oren

Yang menyebabkan warna kuning / oranye pada buah dan sayur adalah karotenoid. Beta karoten dan alfa karoten dapat menghambat proses penuaan sel – sel tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meregenerasi sel. Contoh : wortel, mangga, pepaya, jeruk, ubi jalar, dan masih banyak lagi.

Kuning

Buah atau sayur yang berwarna kuning kaya akan kandungan kalium dan pigmen lutein yang dapat mencegah terjadinya kebutaan. Contoh : nanas, jagung, pisang, dll. Manfaatnya yaitu untuk mencegah penyakit jantung koroner dan stroke.

Merah

Warna merah ini karena adanya antosianin dan likopen. Antosianin merupakan zat yang mempu mencegah infeksi dan kanker kantung kemih dan likopen adalah zat antioksidan yang mampu mengurangi resiko kanker, menghambat kemunduran mental dan  mengurangi kepikunan.

Biru / Ungu

Buah atau sayur yang berwarna ungu disebabkan oleh senyawa antosianin. Senyawa teresebut bermanfaat untuk menghambat terjadinya penggumpalan pada pembuluh darah dan mengurangi resiko penyakit stroke dan jantung. Contoh : kol ungu, terong ungu, anggur ungu/merah, dan blackberry.

Mengolah Buah dan Sayur

buah-dan-sayur-bagi-kesehatan
buah-dan-sayur-bagi-kesehatan

Sayur

Mungkin masih banyak ibu – ibu yang belum tahu bagaimana cara memasak yang baik. Terkadang karena cara masaknya yang salah, maka kandungan nutrisi yang ada di dalamnnya menjadi hilang. Padahal yang penting dan dibutuhkan dari sayuran adalah nutrisinya. Oleh karena itu saat memasak perhatikan hal berikut,

  1. Tumis

Seperti yang telah kita ketahui bahwa ada vitamin yang larut dalam lemak. Ketika anda menumis sebaiknya minyaknya jangan dibuang. Karena kemungkinan juga vitamin dari sayuran larut ke dalam minyak tersebut.

  1. Merebus

Ketika merebus sayuran masukkan ketika airnya sudah mendidih dan jangan terlalu lama.

  1. Mengukus

Mengukus mungkin masih menjadi cara terbaik dalam mengolah sayuran. Mengukus dapat mempertahankan gizi asal dalam waktu yang tepat.

  1. Memasak Tanpa Air

Memasak tanpa air hanya membutuhkan 3 – 5 menit. Cara ini hanya mengandalkan air yang menempel pada daun setelah pencucian.

Buah

buah-dan-sayur-bagi-kesehatan
buah-dan-sayur-bagi-kesehatan

Untuk buah anda bisa langsung mamakannya. Atau jika ingin mengkonsumsinya dengan cara berbeda anda bisa mengolahnya menjadi jus, salad, es buah, dll. Berikut saya akan memberitahukan cara untuk membuat agar2 buah.

Bahan :

1. Agar-agar

2. Gula Pasir

3. Buah Naga

4. Buah Mangga (dipotong dadu)

Cara Pembuatan :

Pertama blender buah naga ditambah dengan air secukupnya. Lalu panaskan kemudian tambahkan gula dan agar – agar. Setelah itu tuangkan kedalam cetakan dan masukkan potongan mangga. Tunggu beberapa saat sampai menjadi agar-agar. Selamat mencoba 😊

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

show
Hide Buttons