Ajaklah Anak Untuk Berolahraga

Ajaklah Anak Untuk Berolahraga

ajaklah-anak-berolahraga
ajaklah-anak-berolahraga

Olahraga merupakan hal yang baik dan harus dilakukan secara teratur. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi sehat. Bukan hanya orang dewasa yang harus berolahraga tetapi anak-anak juga harus diajari berolahraga. Ada banyak olahraga yang baik untuk anak. oalahraga juga sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. berikut adalah manfaat olahraga bagi anak,

Olahraga Bagi Kesehatan

ajaklah-anak-berolahraga
ajaklah-anak-berolahraga
  1. Meningkatkan kesehatan jantung dan peru- paru
  2. Memicu pertumbuhan tulang dan otot anak
  3. Meningkatkan kooordinasi gerak keseimbangan tubuh
  4. Membentuk postur anak yang ideal
  5. Membiasakan agar anak hidup lebih aktif dalam bergerakk sehingga anak akan lebih tanggap dlaam melakukan sesuatu.

Olahraga Bagi Psikologi Anak

ajaklah-anak-berolahraga
ajaklah-anak-berolahraga
  1. Meningkatkan kedisiplinan pada anak. Dengan jadwal latihan yang teratur akan membentuk kedisiplinan anak.
  2. Meningkatkan kemampuan anak untuk bersosialisasi. Dengan bergabungnya anak kedalam sebuat tim atau club olahraga akan membuat anak bertemu dengan banyak orang dan menjalin hubungan dengan orang-orang baru yang ada dalam tim tersebut.
  3. Membuat anak menjadi paham bahwa disetiap permainan pasti ada menang dan kalahnya sehingga anak tidak mudah untuk emosi. Atau anak akan lebih lapang dad ajika mengalami kegagalan dan akan termotivasi untuk menjadi lebih baik.
  4. Anak akan lebih mudah memahami aturan. Karena di setiap olahraga pasti ada aturan mainnya. Sama halnya dengan di kehidupan nyata.
  5. Dengan berolahraga anak akan belajar memimpin, bekerjasama dan berkontribusi dalam suatu tim.
  6. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Umur dan Jenis Olahraganya

ajaklah-anak-berolahraga
ajaklah-anak-berolahraga

Olahraga Bayi Usia Dibawah 1 Tahun

Bayi juga ada olahraganya, olahraga pada bayi bertujuan untuk membentuk dan memperkuat ototnya. Olahraga pada bayi bisa dilakukan dengan cara memberikan kebebasan pada bayi untuk bergerak baik untuk gerakan motor kasarnya maupun perkembangan lainnya.

Olahraga Anak Usia 1-4 Tahun

Anak  usia 1-4 tahun sangat suka berjalan, berlari, dan melompat. Aktifitas tersebut berfungsi untuk memperkuat kemampuan dasar motor kasar dan untuk melatih kemampuan fungsi motoric serta perkembangan lainnya. Bentuk paling sering dari aktivitas fisik pada masa ini adalah bermain secara aktif seperti berjalan, berlari, memanjat, dll. Kegiatan tersebut dapat diaplikasikan dalam bentuk lain seperti menari.

Oalahraga Anak Usia 5-10 Tahu

Pada usia tersebut anak mulai dapat bermain dengan arahan instruksi dan masih focus pada kesenangan bukan kompetisi. Kegiatan yang dapat dilakukan antaralain berlari, berenang, melempar, dan menangkap bola.Anak juga mulai mamapu bekerja sama dalam team saat bermain.

Usia Remaja 11-21 tahun

Pada usia ini, olahraga dapat membentuk dan meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi depresi, cemas, dan meningkatkan rasa percaya diri.

 

Itulah pentingnya berolahraga bagi anak. Perlu diingat bahwa olahraga itu sangat penting. Selain itu olahraga jug adapat digunakan sebagai sarana hiburan yang menyehatkan. Jika anak anda berbakat dalam berolahraga, olahraga juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk meraih prestasi yang membanggakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

show
Hide Buttons